Minggu, 28 Oktober 2012

Semangat Sumpah Pemuda di 2012


Tak terasa sudah hampir 84 tahun berlalu dimana saat itu para pemuda pemudi di Indonesia bersatu mengucap ikrar sumpah pemuda. Beberapa kali pertemuan sebelum akhirnya membuahkan sumpah pemuda yang intinya antara lain adalah mengaku bertumpah darah yang satu, berbangsa yang satu, menjunjung bahasa persatuan yaitu bahasa Indonesia. Besok, 28 Oktober 2012, genaplah sumpah tersebut berusia 84 tahun. Menjelang tahun ke-84 sumpah tersebut, sekitar 20 organisasi massa kepemudaan berencana merevitalisasi semangat perjuangan para pemuda dengan mengumandangkan ikrar “Sumpah Pemuda 2012″. Seperti yang dikutip dari antaranews.com, menurut inisiator Gerakan Kebangkitan Pemuda Indonesia 2012, Thoriq Mahmud, bersatunya kaum muda ini menjadi modal penting bagi masa depan bangsa dengan bersumpah untuk hari ini dan masa depan yang akan kami selenggarakan pada 28 Oktober 2012. Selain itu, ikrar Sumpah Pemuda 2012 yang akan dikumandangkan merupakan penambahan dari Sumpah Pemuda 1928, yakni bertanah air satu tanah air Indonesia, berbangsa satu bangsa bangsa, menjunjung bahasa persatuan bahasa Indonesia, berideologi satu ideologi Pancasila, serta bersatu untuk tekad mengembalikan konstitusi kepada UUD 1945 teks yang asli.

Menurutnya, naskah “Sumpah Pemuda 2012″ itu mengandung makna melanjutkan militansi semangat pemuda 1928 sekaligus menyatukan diri untuk masa depan yang maju, berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan.
Ketua Umum Gerakan Pemuda Anti Korupsi itu menambahkan, melalui ikrar itu para pemuda ingin menegaskan bahwa saat ini erosi kebangsaan Indonesia sudah dalam keadaan akut.Karenanya pemuda harus siap menjadi pelopor bagi bangkitnya nasionalisme yang berjiwa lebih patriotik dengan berpegang teguh kepada ideologi Pancasila dan UUD 1945 yang asli. Thoriq Mahmud juga mengatakan bahwa pemuda yang memiliki komitmen kuat terhadap Pancasila sudah saatnya bertekad menjadikan Indonesia sebagai negara adidaya dan berdaulat penuh di mata dunia internasional. Sejumlah perwakilan ormas kepemudaan yang turut serta mempersiapkan ikrar “Sumpah Pemuda 2012″ itu diantaranya Ubeidilah Badrun (Perhimpunan 98), Deny Pratama (Sapma Pemuda Pancasila), Erick (Forum Mahasiswa Papua), Jojo Priyoski (Ketua DPP Pemuda LIRA), dan Edi (Federasi Buruh Sekar Nusa).
Semangat sumpah pemuda di 2012 dimana direncanakan ada penambahan poin penting didalamnya, diharapkan tidak merubah esensi dari sumpah pemuda di tahun 1928, dimana esensinya pada saat itu salah satunya adalah membakar jiwa nasionalisme bagi pemuda pemudi dimana pada saat itu Indonesia masih dalam belenggu penjajah. Kini, meskipun Indonesia sudah tidak dalam kondisi terjajah, jiwa nasionalisme tersebut tetaplah dibutuhkan. Oleh sebab itu, momen peringatan sumpah pemuda besok, tidak hanya merupakan sebuah peringatan, tapi lebih dari itu. Diharapkan moement sumpah pemuda sebagai pembakar kembali jiwa nasionalisme dimana dengan semangat membara dan pantang menyerah para pemuda tidak takut mengorbankan dirinya demi NKRI.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar