Minggu, 06 November 2011

perkembangan teknologi pada komunikasi modern

Pada jaman modern ini, semua hal telah berkembang dengan pesat. Termasuk teknologi dan komunikasi. Teknologi untuk mempermudah komunikasi orang pun semakin lama semakin berkembang. Namun sebenarnya, bentuk komunikasi modern saat ini merupakan revolusi dari bentuk komunikasi di masa lalu. Seperti video call, video conference lewat internet, pengiriman data melalui bluetooth, itu semua merupakan bentuk komunikasi yang kelihatan tidak realistis di masa lalu, namun berkat perkembangan teknologi, kita bisa merasakan kemudahan itu semua saat ini.
Hal ini menunjukkan adanya revolusi di dalam teknologi komunikasi saat ini. Revolusi komunikasi ini membentuk industri komunikasi dan masyarakat yang ada di dalamnya. Revolusi ini merupakan pengembangan dari konsep – konsep dasar.
Konsep yang pertama adalah sistem komunikasi. Konsep ini beranggapan bahwa informasi dapat dikodekan, lalu kemudian dipertukarkan. Sistem komunikasi dalam konsep ini mencakup alat komunikasi dan aplikasinya. Dampak dari penggunaan alat tersebut adalah bentuk manipulasi, serta kemungkinan bentuk pertukaran informasi. Lalu, konsep yang kedua adalah informasi. Informasi disini diartikan sebagai koleksi simbol – simbol yang dapat dikombinasikan untuk menyampaikan pesan. Informasi terbagi menjadi dua, yaitu sebagai sinyal yang cocok digunakan dengan peralatan seperti sistem bluetooth contohnya, dimana gelombang radiolah yang berperan sebagai informasi, dan informasi sebagai definisi yang diperluas.
Perkembangan teknologi komunikasi telah memberikan pengaruh pada struktur sosial masyarakat yang telah melahirkan kelas sosial secara global. Dulu, kelompok sosial seseorang dipengaruhi faktor ekonomi, politik dan pendidikan. Namun pada saat ini, perbedaan tersebut menjadi nyata ketika seseorang mempunyai informasi atau tidak, karena orang yang memiliki jaringan informasi akan jauh lebih menguntungkan dibandingkan orang yang tidak memiliki jaringan informasi. Selain itu, faktor lain yang membentuk kelas sosial adalah konvergensi teknologi, implikasi ekonomi, demokratisasi informasi, intelektual properti dan privasi.
Orang beranggapan bahwa akses informasi merupakan hal yang berharga dan ketinggalan informasi serta ketidakmampuan untuk mengakses informasi merupakan hal yang sangat merugikan, karena informasi merupakan komoditi yang sangat berharga bagi masyarakat saat ini.
Dan karena tuntutan ini, maka teknologi terus berkembang untuk memenuhi kebutuhan akses informasi bagi masyarakatnya, baik dalam konsep maupun infrastruktur yang ada. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat sangat tergantung pada teknologi untuk berada dalam posisi yang menguntungkan, yaitu mendapatkan informasi. Akibatnya, jika sampai terjadi kesalahan atau kegagalan dalam operasi teknologi tersebut, maka masyarakat akan menjadi kalang kabut karena sesungguhnya kita sudah sangat bergantung pada teknologi ini.
Contohnya saja produk smartphone BlackBerry. Masyarakat yang sudah tergantung pada gadget satu ini akan kalang kabut kalau BBnya tidak dapat signal atau tidak bisa BBMan. Apalagi yang menggunakan produk ini untuk bisnis. Hal tersebut akan sangat berpengaruh. Dan tanpa BB orang dikatakan akan sulit menerima informasi, karena banyak informasi yang beredar di BBM.
Technical Foundation of Modern Communication merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang menjadi fondasi perkembangan bentuk komunikasi yang adalah bentuk komunikasi modern yang kita rasakan saat ini. Di dalam fondasi teknis ini, konsep yang pertama ialah transducer, yaitu alat yang mengubah satu bentuk energi menjadi bentuk energi lainnya. Contohnya mikrofon yang ketika kita memasukkan suara, maka mikrofon tersebut akan mengubah gelombang suara menjadi energi listrik atau sinyal elektrik yang akan diubah kembali di penerima, bisa berupa speaker atau recorder. Transducer ini juga dapat berupa perluasan dari indera manusia. Seperti kamera sebagai perluasan indera penglihatan.
Konsep kedua adalah gelombang yang terdiri dari amplitudo—besarnya gelombang—dan frekuensi—jumlah gelombang yang tertangkap selama satu detik (1 cycle per second = cps). Satuan dari frekuensi adalah Hz—diambil dari nama Heinrich Hertz. Konsep berikutnya adalah modulation—konsep informasi yang diubah menjadi gelombang dan kemudian ditransmisikan, bandwitch—konsep besar dan lebar saluran data, dan noise—yang secara harafiah adalah gangguan yang dapat terjadi di dalam proses transmisi informasi, bisa berupa tabrakan gelombang radio yang merusak kualitas suara radio yang kita terima.
Perkembangan teknologi yang memungkinkan bentuk komunikasi saat ini adalah teknologi digital yang terdiri dari dua macam konversi, yaitu Analog-to-Digital Convertion (ADC), yang mengonversi sinyal analog menjadi sinyal digital. Dan Digital-to-Analaog Converters (DAC), yang merupakan alat untuk mengonversi kembali sinyal digital menjadi sinyal analog.
Teknologi digital ini memiliki banyak keuntungan, yaitu proses pengolahan sinyal digital yang dapat dilakukan oleh komputer. Sehingga komputer memiliki kemampuan untuk mengubah bentuk sinyal digital. Selain itu, sinyal digital dapat dengan mudah diduplikasi sehingga meringankan biaya dalam proses komunikasi massal.
Diluar itu ada juga masalah yang mungkin timbul seperti kemungkinan perubahan kualitas pesan. Dominasi analog yang telah berkembang sebelum teknologi digital juga merupakan masalah. Hal ini karena banyak bentuk informasi yang berupa analog seperti TV, telepon, dan radio yang membutuhkan proses ADC dan DAC sehingga mengurangi efisiensi teknologi ini.
Akibat perkembangan teknologi komunikasi, orang-orang menganggap bahwa informasi merupakan hal yang sangat penting, sehingga orang yang ketinggalan informasi tidak akan memahami atau memiliki akses teknologi komunikasi dan berada di posisi lebih rendah daripada orang lain. Untuk itu alangkah lebih baik jika kita mampu memahami penggunaan teknologi komunikasi supaya kita tidak terjebak sebagai pengguna yang hanya bisa mengikuti perkembangan produk teknologi tanpa bisa berpartisipasi secara aktif didalamnya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar